ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

Categorie(s):
   Perilaku Belajar, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, Tingkat Pemahaman Akuntansi
Author(s):
   NI KADEK NIASTIARI
Tahun:
   2019
NIM Mahasiswa:
 1502622010446
Item Type:
 Thesis (Skripsi)
Additional Info:
 R/1728/FE-AK
Advisor:
Dr. Putu Kepramareni, SE.,MM.
( 19720616 20051 200 2 )
Ida Ayu Nyoman Yuliastuti,SE.M.Si.
( 82.8815.449 )
Keyword(s):
Perilaku Belajar, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, Tingkat Pemahaman Akuntansi
Abstract :
Kebutuhan tenaga kerja lulusan akuntansi meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan lembaga keuangan dan perbankan. Saat ini lulusan akuntansi dari berbagai universitas dituntut untuk memiliki kemampuan dalam pemahaman akuntansi. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi adalah perilaku belajar, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku belajar, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial terhadap tingkat pemahaman akuntansi Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 221 mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2015. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan metode simple random sampling dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perilaku belajar tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi.