Prosiding Pelatihan Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu

Author(s):
   Dietriech G. Bengen
Tahun:
   2001
Kode:
 EPR-0052
Item Type:
 Proceeding
Additional Info:
 Diterbitkan oleh Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor
ISSN/ISBN:
979-9336-11
Abstract :
Prosiding ini merupakan hasil Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 29 Oktober - 3 November 2001 atas kerjasama antara Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB dan Proyek Pesisir, diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari perguruan tinggi (UNHAS, UNDIP, UNILA, UBH, UNRI dan Universitas Khairun Ternate) Proyek Pesisir Sulawesi Utara, Lampung dan Kalimantan Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Prop. Jambi, Bali, Kalimantan Tengah, Kab. Minahasa dan Lampung Selatan, Dinas Pemukiman dan Sarna Wilayah NTT, Dinas Kehutanan Kab. Lampung Selatan, Kecamatan Rajabasa, Ketapang Lampung Selatan, BPD Tejang Pulau Sebesi, Guru SD Negeri 3 Taman Sari Palembang, Kecamatan Likupang Kab. Minahasa, DPRD Kab. Minahasa, Sulawesi Utara, BAPEDALDA Kab. Kepulauan Riau, Pemerintah Daerah (BAPPEDA) Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur dan Jawa Tengah.
Pelatihan ini dirancang di samping untuk meningkatkan wawasan dan kualitas para akademisi, pemerhati, pengelola dan praktisi dalam pengelolaan wilayah pesisir, juga sebagai wacana untuk saling bertukar pengalaman dan informasi dalam pengelolaan wilayah pesisir terpadu. Pelatihan ini menjadi sangat penting dan strategis mengingat pada saat ini sumberdaya wilayah pesisir memerlukan perhatian khusus utnuk dikelola secara optimal dan berkelanjutan. Dalam melakukan upaya ini, selain diperlukan sumberdaya manusia yang berkualitas, juga diperlukan komitmen dan aksi nyata dalam mengelola sumberdaya wilayah pesisir secara lestari.
Dengan demikian apa yang diharapkan di atas sangatlah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dalam pelatihan ini, yaitu untuk meningkatkan kemampuan baik perseorangan maupun kelompok kerja para peserta dalam pengelolaan wilayah pesisir terpadu. Tujuan ini akan dicapai melalui dua sasaran pokok, yakni : (1) memberikan informasi tentang konsep pengelolaan wilayah pesisir di Indonesia, dan (2) meningkatkan pemahaman dan kemampuan para peserta dalam pengelolaan wilayah pesisir terpadu, sehingga pada gilirannya para peserta akan dapat menyusun suatu perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program pengelolaan wilayah pesisir itu sendiri.