PENGARUH KUALITAS LAYANAN UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KABUPATEN GIANYAR

Categorie(s):
   kualitas layanan, kepercayaan, kepuasan wajib pajak, kepatuhan wajib pajak.
Author(s):
   I GEDE PUTU ARTAWAN
Tahun:
   2020
NIM Mahasiswa:
 188103611010225
Item Type:
 Thesis (Skripsi)
Additional Info:
 R/79/MM-MP
Advisor:
Dr. Wayan Widnyana, SE.,MM.,QIA.
( 82 6810 305)
Dr. IGA Eka Teja Kusuma, SE.,MM.
(82 6714 410)
Keyword(s):
kualitas layanan, kepercayaan, kepuasan wajib pajak, kepatuhan wajib pajak.
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji dampak kualitas layanan untuk membangun kepercayaan dan kepuasan wajib pajak terhadap peningkatan kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Gianyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang digunakan untuk memenuhi tujuan penelitian selain tinjauan pustaka. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan dengan sampel sebanyak 96 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan skala Likert. Data dianalisis menggunakan analisis model persamaan structural yang berbasis varian yang dikenal dengan analisis Partial Least Square (PLS). hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak ; 2) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan; 3) kualitas layanan belum mampu mempengaruhi kepatuhan wajib pajak secara langsung; 4) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak; 5) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak secara langsung; 6)kepuasan wajib pajak berpengaruh posotif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; 7) kepuasan wajib pajak berperan dalam memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap kepatuhan wajib pajak; 8) kepuasan wajib pajak berperan dalam memediasi pengaruh kepercayaan terhadap kepatuhan wajib pajak.Hasil dari penelitian ini memberikan saran dan masukan kepada Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Gianyar terkait upaya-upaya dalam meningkatkan kepuasan wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak.