PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (BIOLOGI) PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DENPASAR

Categorie(s):
   Learning Outcomes, Ecosystems, Cooperative Learning, Make A Match
Author(s):
   APLONIA TAE UNA, DEWA AYU SRI RATNANI
Tahun:
   2016
Kode:
 KK FKIP BIO02/16
Item Type:
 Research
Additional Info:
 Laporan Penelitian Dosen
Keyword(s):
Hasil Belajar, Ekosistem, Pembelajaran Kooperatif, Make A Match
Abstract :
Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap siswa. Hal ini nampak rerata hasil belajar siswa yang senantiasa masih sangat memprihatinkan . Rendahnya hasil belajar karena pembelajaran yang menjadikan guru sebagai sumber belajar, sedangkan siswa hanya berperan sebagai penerima ilmu. Hasil observasi di SMP N 5 Denpasar menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA (Biologi) belum optimal dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diterapkan inovasi pembelajaran baru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yakni dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match yakni model pembelajaran yang menekakan pada sistem permainan sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu menciptakan suasana yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA (biologi) Materi Ekosistem Kelas VII A SMPN 5 Denpasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, Pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa disetiap siklus.Analisis data hasil belajar pada siklus 1 diperoleh rata-rata hasil belajar siswa(M), daya serap(DS), dan ketuntasan belajar (KB) berturut-turut sebesar 70.29, 70.29% dan 50.01% kemudian pada siklus II 83.23; 83.23%; 94.11%. Persentase peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 18.40% dan 88.18%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi ekosistem siswa kelas VII A SMPN 5 Denpasar.