PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA PHOTOVOICE PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGANUNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN PESERTA DIDIK

Categorie(s):
   Group Investigation, photovoice media, environmental pollution, concern for students
Author(s):
   STEPHANUS SUHARDI, DEWA AYU SRI RATNANI, I MADE DIARTA
Tahun:
   2016
Kode:
 KK FKIP BIO03/16
Item Type:
 Research
Additional Info:
 Laporan Penelitian Dosen
Keyword(s):
Group Investigation, Media photovoice, Pencemaran lingkungan, Kepedulian peserta didik
Abstract :
Dunia pendidikan adalah hal pokok yang akan menopang kemajuan suatu bangsa.Berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan, berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA N 8 Denpasar, dalam kegiatan pembelajaran Biologi model dan media pembelajaran yang digunakan masih kurang variatif dan inovatif. Sebagian besar proses pembelajaran hanya dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation dengan media photovoice pada materi pencemaran lingkungan terhadap kepedulian peserta didik. Jenis penelitian ini Quasi Experimental prettestposttest dengan rancangan Intact Group Comparison yang dilaksanakan di SMA 8 Denpasar mulai dari bulan Februari sampai Maret . Pengambilan sampel dilakukan Simple Random Sampling dengan menggunakan undian sehingga diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket kepedulian siswa dengan 5 Skala likert dan rubrik photovoice dengan 6 Aspek penilaian. Untuk teknik analisis data yaitu dengan menggunakan uji Mann-Whitney U Test, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari penerapan materi pencemaran lingkungan berbasis photovoice dengan model group investigation terhadap kepedulian siswa (Z=-7.286 p=0,000) serta terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil photovoice siswa yang menerapkan pembelajaran group Investigation berbasis photovoice dengan model group investigation (Z=-2.576 p=0,000). Kesimpulan penelitian Penerapan model pembelajaran group Invetigation dengan photovoice pada meteri pencemaran lingkungan berpengaruh terhadap kepedulian peserta didik terhadap lingkungan .