PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN INSPIRATOR LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII H SMP WISATA SANUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Categorie(s):
   Menulis Puisi dan Pembelajaran Kontekstual.
Author(s):
   ANAK AGUNG RAI LAKSMI
Tahun:
   2013
Kode:
 KK FKIP IND07/13
Item Type:
 Research
Additional Info:
 Laporan Penelitian Dosen
Keyword(s):
Menulis Puisi dan Pembelajaran Kontekstual
Abstract :
Sebagai salah satu aspek dari keterampilan berbahasa adalah menulis, dan tujuan utama pengajaran bahasa dalam dunia pendidikan adalah mendorong kemajuan individual dan sosial masyarakat. Maka dari itulah dalam pelaksanaan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia antara aspek yang satu dengan yang lainnya benar-benar menjadi satu kesatuan yan bulat. Pembelajaran sastra sangat penting diberikan sejak dini, karena sastra tidak saja ditujukan kepada penguasaan sastra ataupun sejarah sastra, tetapi pembelajaran sastra mengarah pada peningkatan kemampuan apresiasi sastra siswa.
Untuk itulash pengajarasn sastra khususnya menulis puisi merupakan suatu usaha untuk mengembangkan kreatifitas dan imajinasi anak dan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap karya sastra khususnya puisi. Selain itu pula puisi juga dapat dijadikan sebagai alat untuk menyamp[aikan rasa kagum, marah, benci, terhadap seseorang, benda atau kejadian-kejadian dengan menggunakan bahasa yang apik. Di samping itu pula sudah sejak dini anak-anak diajarkan menulis puisi dan jika anak itu mempunyai bakat sebagai pengarang, maka lahir pujangga-pujangga baru yang nama dan hasil karangannya melegenda seperti sama pengarang terdahulu.
Adapun tujuan pengajaran puisi adalah untuk mencari bakat anak dalam bidang seni khususnya puisi dan hal terpenting memberikan informasi kepada guru pengajar bahasa dan sastra Indonesia dalam upaya memberdayakan mutu kegiatan belajar dan mengajar .
Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba menggunakan cara pembelajaran kontekstual dengan inspirator lingkungan sekolah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII H SMP WISATA SANUR tahun pelajaran 2012/2013.
Metode kontekstual (Contextual Teaching Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : apakah metode kontekstual dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan inspirator lingkungan sekolah pada siswa kelas VIII H SMP WISATA SANUR tahun pelajaran 2012/2013. Adeapun tujuan dari penelitian ini yaitu ikut meningkatkan wawasan berupa sumbangan pemikiran yang dapat meningkatkan kualitas kemampuan menulis puisi dalam upaya membina serta mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia.