PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASIBELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 SERAYATAHUN PELAJARAN 2012/2013

Categorie(s):
   Aktivitas Belajar, Prestasi belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Bangun Ruang.
Author(s):
   I Gusti Ngurah Nila Putra
Tahun:
   2013
Kode:
 KK FKIP MAT04/13 PUT p
Item Type:
 Research
Additional Info:
 Laporan Penelitian Dosen
Keyword(s):
Aktivitas Belajar, Prestasi belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Bangun Ruang.
Abstract :
Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) khususnya teknologi informasi sekarang ini telah memberikan dampak positif dalam semua aspek kehidupan manusia termasuk juga aspek pendidikan. Pendidikan merupakan aspek kehidupan yang sangat mendasar bagi perkembangan sumber daya manusia sebuah bangsa.Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu sistem, yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Komponen pembelajaran tersebut meliputi: tujuan, materi, metode, dan evaluasi (Rusman, 2010:1). Yang harus diperhatikan oleh guru dalam memilih model-model pembelajaran namun kenyataan dilapangan guru masih menerapkan pembelajaran konvensional yang masih didominasi oleh guru.Belajar matematika merupakan proses melihat, mengamati dan memahami sesuatu sehingga Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional tidak cocok diterapkan dalam mata pelajaran matematika.
Berdasarkan hasil observasi di kelas V SD Negeri 4 Seraya, diperoleh informasi bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih sangat rendah. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara dengan guru kelas V SD Negeri 4 Seraya, rata - rata nilai prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Seraya untuk mata pelajaran matematika masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah tersebut. Berkenaan hal tersebut maka dilakukan pengamatan pada siswa kelas V SD Negeri 4 Seraya. Hasil pengamatan yang didapat saat proses pembelajaran berlangsung adalah:
1) proses pembelajaran berlangsung secara konvenional; 2) siswa terlihat kurang aktif menjawab soal yang diberikan oleh guru saat proses pembelajaran; 3) siswa diam dan enggan bertanya kepada guru karena merasa malu; 4) terlihat beberapa siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai materi pelajaran yang disampaikan guru saat proses pembelajaran yang menyebabkan suasana kelas menjadi kurang kondusif.