IMPROVING RECOUNT WRITING SKILL THROUGH RAFT TECHNIQUE OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 ABIANSEMAL IN ACADEMIC YEAR 2010/2011

Categorie(s):
   improving, writing, RAFT technique
Author(s):
   Ni Wayan Sudarningsih, I Ketut Wardana
Tahun:
   2011
Kode:
 KK FKIP ING02/11 SUD i
Item Type:
 Research
Additional Info:
 Laporan Penelitian Dosen
Keyword(s):
improving, writing, RAFT technique
Abstract :
Penelitian tindakan kelas ini menangani peningkatan keterampilan menulis recount melalui teknik RAFT siswa kelas 1 Sekolah Menengah Atas pada tahun akademik 2010/2011, khususnya di kelas X 4. Kelas ini terdiri dari 45 siswa, 22 laki-laki dan 23 perempuan Investigasi tindakan kelas ini pada dasarnya dipicu oleh fakta bahwa subjek sedang ditulis dan memiliki kelemahan dalam menulis teks recount. Dalam studi tindakan kelas, IR dimaksudkan untuk membangun keterampilan menulis nyata yang sudah ada sebelumnya dari subjek yang diteliti dalam teks recount. Hasil IR adalah 42,9. Itu jelas menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks recount siswa rendah. Secara langsung, untuk meningkatkan keterampilan menulis recount siswa. Hasil analisis data dari skor refleksi untuk siklus yang saya temukan adalah peningkatan angka rata-rata 49,6, 54,9, 60,7 dan 65,9 untuk S1, S2, S3 dan S4 masing-masing. Hasil analisis data untuk siklus II menunjukkan angka masing-masing 71,2, 76,6, 81,7 dan 86,2 untuk S5, S6, S7, dan S8. Angka rata-rata besar untuk siklus I dan siklus II menunjukkan angka 57,8 dan 78,9. Ada perbedaan dalam angka rata-rata 21,1 antara dua siklus. Teknik ini efektif dalam menggunakan keterampilan yang cukup untuk membantu siswa kelas SMA 1 Abiansemal untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka dalam teks recount. Hasil penelitian menunjukkan angka persentase komparatif 61,76% untuk item A, 31,88% untuk item B, 6,36% untuk item C dan 0% untuk item. Hasil ini menunjukkan perbandingan persentase angka yang jelas menunjukkan subjek 'Sikap dan motivasi dalam belajar dan berolahraga teknik penulisan penggunaan teknik RAFT berubah baik secara kuantitatif dan kualitatif.