ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (STUDI KASUS PADA KABUPATEN BADUNG)

Categorie(s):
   Sanksi perpajakan, norma subyektif, pendidikan, tingkat ekonomi dan pengetahuan pajak dan kepatuhan membayar Pajak Bumi dan Bangunan.
Author(s):
   MADE DEWI SRI WAHYUNI
Tahun:
   2021
Kode:
 R/3254/FE-AK
NIM Mahasiswa:
 1802622010142
Item Type:
 Thesis (Skripsi)
Additional Info:
 R/3254/FE-AK
Keyword(s):
Sanksi perpajakan, norma subyektif, pendidikan, tingkat ekonomi dan pengetahuan pajak dan kepatuhan membayar Pajak Bumi dan Bangunan.
Abstract :
Pajak Daerah yang dimiliki oleh tiap-tiap daerah adalah salah satu indikator kesiapan pemerintah daerah dalam berotonomi. Tingginya perolehanatas pajak daerah diharapkan dapat meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD).Salah satu jenis Pajak Daerah adalah pajak bumi dan bangunan (PBB). Penelitian ini bertujuan mengetahui sanksi perpajakan, norma subyektif, pendidikan, tingkat ekonomi dan pengetahuan pajak terhadap kepatuhan membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Badung. Populasi penelitian adalah wajib pajak yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah Kabupatenn Badung sebanyak 213.181 orang. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah metode accidental sampling (pengambilan sampel dengan menyebar kuesioner yang kembali dan dapat diolah kembali). Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang wajib pajak yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Badung. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanksi perpajakan, pendidikan dan pengetahuan pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kabupaten Badung. Sedangkan norma subyektif dan tingkat ekonomi tidak berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kabupaten Badung.